PIALA AFF U-16 2022: Thailand Kubur Mimpi Timor Leste ke Semifinal

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:34 WIB
Aksi pemain Thailand ketika mencetak gol ke gawang Timor Leste. (@ASEAN Football)
Aksi pemain Thailand ketika mencetak gol ke gawang Timor Leste. (@ASEAN Football)

VICTORY NEWS SPORT - Timnas Thailand U-16 akhirnya menyusul Timnas Indonesia U-16 ke babak semifinal Turnamen Piala AFF U-16 2022.
Kepastian itu diperoleh setelah di pertandingan terakhir Grup B, Laskar Gajah Putih mencukur Timor Leste 4-1.

Dalam pertandingan yang menentukan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (7/8/2022) sore petang tersebut, empat gol Thailand dihasilkan oleh Kritakan Rungrotbenjaphon menit ke-9, Jiraphol Seelio 17, serta brace (dua gol) Puntamunee pada menit ke-50 dan 63. Timor Leste hanya bisa membalas satu gol lewat De Carlvalo 46.

Baca Juga: PIALA AFF U-16 2022: Timnas Indonesia Bayar Lunas Tragedi Main Mata Vietnam-Thailand U-19

Kemenangan itu membuat mimpi Timor Leste untuk lolos ke babak semifinal, melayang. Sebelum laga hidup-mati itu, Timor Leste dan Thailand sama-sama mengoleksi 4 poin. Namun, Timor Leste unggul selisih gol sehingga memuncaki klasemen Grup B.

Timor Leste dan Thailand sama-sama mencetak sekali menang dan sekali seri. Produktifitas gol Timor Leste jauh lebih unggul dari Thailand. Laskar Timor Lorosae mencetak 11 gol dan hanya kemasukan 1 gol (+10), sementara Thailand mecetak 6 gol dan kemasukan 1 gol (+5).

Baca Juga: SOERATIN CUP U-17 NTT 2022: Ketua Askab PSSI Malaka: Terima Kasih Masyarakat Ende!

Sejatinya, Timor Leste hanya membutuhkan hasil imbang (berapa pun skornya), untuk melaju ke babak semifinal. Sekaligus menyingkirkan Thailand dari turnamen.

Namun sayang, fakta berbicara lain. Thailand mampu mengalahkan Timor Leste sehingga memuncaki klasemen Grup B dengan 7 poin. Sedangkan Timor Leste malah terpental ke posisi ketiga klasemen dengan 4 poin, menyusul kemenangan Timnas Laos atas Brunei Darussalam.

Menang Tapi Tersingkir
Sementara itu, di pertandingan lain Grup B di Stadion Sultan Agung, Bantul, Timnas Laos menggunduli Timnas Brunei Darussalam 10-0. Dua pemain Laos yaitu Thanousack Nanthavongdoungsy dan Sayfon Keohanam sukses mencetak Quat-trick (4 gol).

Halaman:

Editor: Stevie Johannis

Sumber: PSSI, asean football

Tags

Artikel Terkait

Terkini

INI LINK NONTON Tim Sepak Bola Pra Popnas Kalimantan 2022

Selasa, 13 September 2022 | 05:56 WIB
X