Popda V NTT 2022; Kabupaten Belu Terus Mengancam Dominasi Kota Kupang

- Selasa, 29 Maret 2022 | 01:06 WIB
Para pesilat dan ofisial Kontingen Kabupaten Belu bergrmbira usai memastikan juara umum cabor Pencak Silat Popda V NTT 2022. Ini gelar juara umum keempat kalinya secara berurutan. (Dok Kontingen Belu)
Para pesilat dan ofisial Kontingen Kabupaten Belu bergrmbira usai memastikan juara umum cabor Pencak Silat Popda V NTT 2022. Ini gelar juara umum keempat kalinya secara berurutan. (Dok Kontingen Belu)

  VICTORYNEWS SPORT - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) NTT ke-V 2022 yang dipentaskan di Kota Kupang 23-27 Maret 2022, telah berakhir. Kontingen tuan rumah Kota Kupang lagi-lagi tampil sebagai juara umum untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut.

Dari tujuh cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yaitu Kempo, Tinju, Atletik, Pencak Silat, Taekwondo, dan Wushu, Kontingen Kota Kupang meraih 31 medali emas, 35 medali perak, dan 20 medali perunggu.

(Pusdatin VN)

Namun, dominasi kontingen ibukota provinsi dari popda ke popda perlahan mulai terkikis. Bahkan sejak Popda II Tahun 2017 lalu, predikat juara umum di semua cabang olahraga sudah tak bisa lagi diraih Kota Kupang.

Di cabor Pencak Silat misalnya, Tim Pencak Silat Kabupaten Belu menorehkan rekor juara umum empat kali berturut-turut. Yaitu Popda II/2017, III/2018/ IV/2019 dan V/2022. Kabupaten Belu juga sudah tiga kali menjadi juara umum kedua, di bawah Kota Kupang.

(Data Dispora NTT)

Hebatnya lagi, pada penyelenggaraan Popda kali ini, kontingen Belu (selain juara umum Pencak Silat) juga menempati posisi juara umum kedua di 5 cabor yang dipertandingkan yakni Kempo, Tinju, Taekwondo, Pencak Silat, dan karate.

Tak heran bila Kontingen Belu kembali menjadi juara umum kedua yang ketiga kalinya dengan perolehan 26 medali emas, 20 medali perak, dan 39 medali perunggu. Hanya berbeda 5 keping emas dari Kota Kupang.

(Data Dispora NTT)

Fakta lain bahwa dominasi Kota Kupang mulai terkikis adalah munculnya Kontingen Tinju Kabupaten TTS sebagai juara umum, dan kontingen Karate Kabupaten Sumba Timur yang menjadi juara umum. Praktis, Kota Kupang hanya juara umum di cabor Kempo dan Taekwondo.

Halaman:

Editor: Stevie Johannis

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KONI NTT Bersiap Gelar Porprov VIII Oktober 2022

Selasa, 12 April 2022 | 19:28 WIB

PP PBSI Tantang NTT Lahirkan Pebulutangkis Nasional

Minggu, 27 Maret 2022 | 16:49 WIB

Terpopuler

X