Sanksi Dicabut, Bendera Merah Putih dapat kembali berkibat di Event Olahraga Internasional

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:13 WIB
Menpora Zainudin Amali saat mengumumkan pencabutan sanksi WADA, Jumat  (4/2/2022), di Jakarta. (Foto: Humas Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat mengumumkan pencabutan sanksi WADA, Jumat (4/2/2022), di Jakarta. (Foto: Humas Kemenpora)

VICTORY NEWS SPORT - Komite Eksekutif World Anti Doping Agency (WADA) atau Badan Anti Doping Dunia pada Selasa (2/2/2022), mencabut sanksi terhadap Indonesia yang diberikan pada 7 Oktober 2021 karena dianggap tidak patuh terhadap Test Doping Plan (TDP) tahun 2020.

Dengan dicabutnya sanksi tersebut, maka Bendera Merah Putih dapat kembali berkibar di ajang olahraga internasional. Sanksi tersebut dicabut lebih cepat atau dalam waktu tiga bulan lebih.

Baca Juga: Ini Nama-nama Pebulu Tangkis Indonesia yang bakal Tampil di All England 2022

“Pemerintah mengumumkan secara resmi pada sore hari ini bahwa kita sudah bisa menjadi tuan rumah untuk kejuaraan-kejuaraan internasional baik single event maupun multi event, kita sudah bisa mengibarkan bendera merah putih di berbagai kejuaraan dunia, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri, dan kita sudah diperkenankan untuk mengirimkan utusan untuk duduk di lembaga-lembaga olahraga internasional,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan persnya yang dirilis setkab.go.id, Jumat (4/2/2022).

Setelah sanksi tersebut dicabut, nama Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) resmi berganti nama menjadi Indonesia Anti Doping Organization (IADO).

Sementara Pikiran-Rakyat.com merilis, imbas dari sanksi tersebut menghadirkan pengalaman buruk karena Indonesia tidak lagi diperbolehkan mengibarkan bendera merah putih.

Di bawah judul; '' Indonesia resmi bebas dari sanksi wada bendera merah putih bisa berkibar lagi, disebutkan bahwa dengan terbebasnya dari sanksi WADA, bendera merah putih sekarang sudah bisa kembali berkibar di ajang olahraga internasional.

Baca Juga: Come Back Selepas Hukuman Doping, Christian Coleman Juara Lari 60 Meter

"Kita patut bersyukur dengan pencabutan sanksi ini. Itu berarti kita bisa mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional,” ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sebagaimana dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari web resmi PSSI pada Sabtu (5/2/2022).

Halaman:

Editor: Stevie Johannis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juara, Fajar/Rian Ulangi Prestasi Swiss Open 2019

Minggu, 27 Maret 2022 | 21:33 WIB
X