Somkiat Chantra, Pembalap Pertama Thailand Juara GP Motor

- Senin, 21 Maret 2022 | 00:53 WIB
Somkiat Chantra. (Twitter@MotoGP)
Somkiat Chantra. (Twitter@MotoGP)

VICTORYNEWS SPORT - Somkiat Chantra, pembalap asal Thailand yang membela Idemitsu Honda Team Asia, berhasil memenangkan balapan Moto2 Mandalika di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3) siang.

Kemenangan di Moto2 Mandalika merupakan prestasi tersendiri bagi Chantra. Ini merupakan gelar perdananya di Moto2 sekaligus menjadi orang Thailand pertama yang menjuarai sebuah seri Grand Prix.

Chantra yang sudah mendominasi balapan sejak awal berhasil finis pertama dengan catatan waktu 25 menit 40,876 detik. Ia diikuti oleh Celestino Vietti dan Aron Canet di posisi kedua dan ketiga.

Akan tetapi, Chantra tidak mengawali musim 2022 dengan baik. Pada Grand Prix pembuka di Qatar, ia terpaksa absen akibat cedera. Ia berupaya bangkit di Sirkuit Mandalika.

Chantra mengawali balapan dari posisi start keempat. Ia langsung melesat dan melampaui Sam Lowes di lap ketiga. Jarak Chantra dan Lowes bahkan sempat berada di atas satu detik saat balapan tersisa 12 lap.

Kans Chantra menjuarai balapan semakin besar ketika jarak waktu dengan Vietti melampaui dua detik, lalu meningkat menjadi tiga detik di lap ke-16 yang menjadi lap terakhir.

Klasemen Moto2. (Twitter@MotoGP)

Kemenangan di Moto2 Mandalika melesatkan Chantra ke posisi empat klasemen sementara dengan 25 poin. Pembalap Mooney VR46 Racing Team Celestino Vietti masih memimpin di puncak klasemen dengan 45 poin.

"Saya merasa bahagia, saya juga merasa tak percaya (jadi pemenang)," kata Somkiat dalam sesi wawancara di parc ferme Moto2 Mandalika seperti dikutip dari tayangan langsung. Saat di lap terakhir, ketika saya melewati garis finis saya merasa...wah..woh..(menunjukkan ekspresi tak percaya)," imbuh pemuda kelahiran Chonburi, 15 Desember 1998 itu.

Chantra mendapat kesempatan berkompetisi di Moto2 2019 bersama Idemitsu Honda Team Asia. Ia tampil bersama tiga pembalap Indonesia seperti Dimas Ekky Pratama, Andi Farid Izdihar, dan Gerry Salim.

Halaman:

Editor: Stevie Johannis

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MEMBANGGAKAN! NTT Runner Up PRA POPNAS Kaltim 2022

Kamis, 15 September 2022 | 21:00 WIB

Multi Manfaat Tuan Rumah PON 2028

Rabu, 14 September 2022 | 00:34 WIB

Terpopuler

X